Selasa, 22 Januari 2013

cara mengetik dengan 10 jari



1. Rahasia belajar mengetik cepat dengan 10 jari yang pertama adalah selalu memastikan jari telunjuk kanan Anda berada pada huruf J sedangkan telunjuk jari kiri berada pada huruf F. Hal ini merupakan kunci utama teknik mengetik cepat karena tombol pada huruf J dan F memiliki tekstur tonjolan seperti bentuk underscore ( _ ) yang bisa Anda rasakan. Tonjolan tersebut bisa dikatakan sebagai alat "navigasi" jari yang menjadi "pakem" atau aturan utama dalam mengetik. Selalu pastikan kedua jari telunjuk Anda berada disana (lihat gambar 1.0).
http://4.bp.blogspot.com/-eDjc2_hW7PM/UHcMdpC4vYI/AAAAAAAADHM/3V98x-EQ8qo/s1600/teknik+mengetik+10+jari.jpg
Gambar 1.0 - Teknik mengetik 10 jari
2. Pada gambar 1.0 diatas, jari-jari pada tangan kiri terdapat huruf ASDF (sejajar) menjadi home row keys yang artinya Anda harus selalu memposisikan jari-jari tangan kiri selalu berada pada huruf-huruf tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk jari-jari tangan kanan yang juga harus selalu berada dalam posisi huruf JKL; (sejajar) yang mana setelah Anda menekan huruf-huruf lain, maka Anda harus mengembalikan jari-jari Anda ke posisi semula (posisi awal).

3. Hafalkan barisan huruf-huruf yang ada pada tombol (tuts) keyboard dan kemudian aplikasikan dalam sebuah bentuk latihan sederhana misalnya dengan mengetik kombinasi huruf-huruf sesuai dengan fungsi jari-jari tangan sebelah kiri dan kanan. Sebuah contoh sederhana adalah mengetikkan QWERTYUIOP (barisan huruf paling atas) ASDFGHJKL (barisan huruf bagian tengah) dan ZXCVBNM (barisan huruf paling bawah). Selain untuk melatih ingatan Anda terhadap letak-letak huruf, cara ini juga mempermudah Anda untuk melatih gerakan jari-jari tangan agar tidak kaku. Setelah lancar maka latihan bisa dilanjutkan dengan menghafal letak posisi special character seperti :">'. dan juga angka-angka.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar